museum anak kolong tangga

5 Wisata Belajar di Jogja yang Cocok untuk Study Tour

Wisata Belajar di Jogja yang Cocok untuk Study Tour – Kota Pelajar sudah lekat menjadi simbol yang pada sebuah kota yang ada di Jawa, yaitu Jogja atau Yogyakarta. Daerah Istimewa Yogyakarta dijadikan kota tujuan untuk mencari ilmu pendidikan bagi banyak pelajar dari sabang sampai marauke baik sekolah negeri maupun sekolah swasta. Namun tidak hanya itu, Jogja juga memiliki berbagai macam wisata edukasi yang dapat bermanfaat untuk memperkaya pengetahuan dan memperluas sudut pandang. Bagi para wisatawan yang suka sekali untuk mendatangi berbagai tempat wisata edukasi, kota Jogja adalah pilihan terbaik untuk Anda kunjungi. Di bawah ini telah tim rental wisata rangkum beberapa tempat wisata belajar di Jogja yang cocok untuk study tour.

Wisata Belajar di Jogja yang Cocok untuk Study Tour

  • Monumen Jogja Kembali

Bila Anda ingin napak tilas serta menambah pengetahuan tentang sejarah perjuangan pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia maka Monumen Jogya Kembali adalah tempat yang cocok. Memiliki nama singkat bernama Monjali menjadikan tempat ini sangat banyak dikunjungi oleh rombongan sekolah yang ingin study tour di Jogja. Tempat wisata belajar di Jogja ini didirikan di Ring Road Utara Yogyakarta. monumen ini adalah pengingat ketika pahlawan Indonesia berhasil memukul mundur tentara penjajah dan awal baru Negara Indonesia yang MERDEKA.

monumen jogja kembali

monumen jogja kembali

Monjali terdiri dari 3 tingkat yang menampillan relief, diorama, serta benda-benda yang menggambarkan bagaimana pahlawan Indonesia berjuang hingga titik darah penghabisan pada kurun waktu 1945 hingga 1949. Yang menjadi daya tarik dari monumen ini adalah puncak bangunan yang bernama Garbha Graha, dimana di tempat ini terdapat bukti fisik dari para pahlawan sehingga Anda dapat berkontemplasi dan merenungi perjuangan serta jasa para pahlawan. Dengan mengunjungi Monumen Jogja Kembali ini, Anda dapat membangkitkan jiwa nasionalisme dan memperoleh pembelajaran mengenai nilai kegigihan, patriotisme, semangat pantang menyerah sebagai modal utama dalam ikut andil untuk membangun dan menjadikan Indonesia yang lebih baik.

  • Taman Pintar

Terletak tidak jauh dari titik nol kilometer Jogja terdapat tempat wisata belajar di Jogja. Tepatnya sekitar 200 meter arah timur titik nol kilometer. Tempat wisata belajar di Jogja itu bernama Taman Pintar. Taman Pintar merupakan salah satu pusat sains yang wajib Anda dan rombongan kunjungi. Dalam Taman Pintar terdapat 6 wahana berbeda, dimana tiap wahana tersebut memiliki beberapa zona dan berbagai macam alat peraga dengan bermacam-macam konsep, ilmu pengetahuan modern, sejarah, antariksa, hingga kebencanaan.

taman pintar

taman pintar

Di tempat ini memiliki banyak metode untuk belajar dan bermain, taman pintar seperti halnya laboratorium raksasa dimana anak-anak dapat berkreasi, berimajinasi dan memperdalam pengetahuan yang telah mereka dapatkan di sekolah. Taman pintar juga memiliki bermacam-macam media yang bertujuan untuk membuat konsep ilmu pengetahuan menjadi lebih sederhana dan mudah dimengerti yang dikaitkan dengan kegiatan sehari-hari. Konsep ini di rancang semata-mata untuk memotivasi anak supaya menyukai sains dan memacu kreatifitas dan imajinasi yang mereka miliki. Baca juga : Tempat Wisata Jogja untuk Edukasi Anak

  • Museum Anak Kolong Tangga

Negara Indonesia memiliki museum mainan anak pertama dan satu-satunya serta museum tersebut hanya ada di Jogja. Museum tersebut memiliki nama Museum Anak Kolong Tangga. Museum tersebut berada di lantai dua gedung TBY (Taman Budaya Yogyakarta) dimana tepatnya berada di belakang Taman Pintar.

museum anak kolong tangga

museum anak kolong tangga

Museum ini memiliki ratusan mainan tradisional yang terbuat dari tangan atau jaman sekarang bernama home made serta obyek yang berkaitan dengan dunia anak dari seluruh wilayah Indonesia dan Mancanegara. Saat ini banyak anak yang lupa bahkan melupakan mainan tradisional, budaya, dan tradisi. Hal ini dikarenakan kemajuan teknologi yang membuat anak-anak beralih bermain gadget dibandingkan bermain dengan alat tradisional. Museum ini sangat cocok dikunjungi oleh Anda yang membawa rombongan study tour dan menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata belajar di Jogja. Melalui museum ini Anda dapat menambah atau mengingat kembali wawasan serta dapat mengenalkan kepada putra-putri Anda berbagai alternatif permainan yang dapat dilakukan bersama teman-teman.

  • Museum Affandi

Museum ini berada di Jalan Laksamana Adi Sucipto No.167, Sleman Yogyakarta. Museum ini banyak menyimpan lukisan karya sang maestro lukis bernama Affandi. Museum ini, berdiri diatas lahan pribadi berdampingan dengan rumah yang ditinggalinya beserta keluarganya. Sehingga selain Anda dapat menikmati lukisan, Anda pun juga dapat melihat tempat tinggal sang maestro dimana sebagian karya lukis yang dibuat sang maestro berada di tempat tersebut.

museum affandi

museum affandi

Museun ini terdiri dari 3 galeri yang menampilkan berbagai macam koleksi pribadi Affandi dan kelurganya serta lukisan karya pelukis besar Indonesia lainnya. Sehingga dengan mengunjungi museum ini, Anda dapat menambah ilmu mengenai berbagai macam aliran dalam lukisan. Yang menjadi keunikan di museum ini adalah karya beliau yang tidak akan terlihat jelas jika Anda lihat dari dekat. Akan tetapi, lukisan tersebut akan dapat terlihat dari jauh.

  • Rumah Budaya Omah Petruk

omah petruk

omah petruk

Omah Petruk menawarkan berbaga macam jenis budaya melalui bermacam-macam rupa patung. Rumah budaya ini berada di desa Krang Klethak, Wonorejo Hargobinangun, Sleman, Yogyakarta. Tempat wisata belajar di Jogja yang cocok untuk study tour ini menyimpan ratusan patung yang menggambarkan keberagaman budaya dan tradisi dalam negeri maupun luar negeri. Omah Petruk ini bertujuan untuk menyajikan lima unsur agama dan berbasis pada budaya, sehingga ketika Anda mengunjungi tempat ini akan menambah pengetahuan melalui pemandu wisata mengenai budaya dari tiap agama berdasarkan patung yang terpampang di rumah budaya tersebut.

2 replies
  1. 醫學美容 CO2 Laser 祛痣祛疣 cosmedicbook says:

    IELLIOS是由歐盟資助倫敦大學細胞重建研究所研究. 採用諾貝爾生理醫學獎科技 , 透過”納米能量電流” 以最親膚與迅速導入的方式 , 利用電腦化系統去令皮膚再生 , 令皮膚組織在無創傷的情況下自然更新及收緊 . 這治療是無創無痛的 . 完成治療後亦沒有傷口 . 我們是香港第一引入IELLIOS的機構 , 醫生會根據客人不同情況去為你設計不同的組合 .在外國IELLIOS受到很多荷里活明星, 歌手以至政客的追棒 , Madonna的facialist kate somer -field就常用IELLIOS為她護理肌膚 , 令52歲的她肌膚輪廓均保持於30歲的狀態. IELLIOS的訊號技術,採用心臟起博起原理,活躍無法正常運作的心臟細胞。訊號技術可活化及修復愛損皮膚,透過傳送訊號,激活靜止的細胞。IELLIOS的訊號技術給予細胞指令,引發細胞再次生長,令肌膚重回年輕。

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.