curug luweng sampang

Wisata Alam Curug Luweng Sampang yang Fenomenal di Jogjakarta

Wisata Alam Curug Luweng Sampang yang Fenomenal di Jogjakarta – Membahas mengenai wisata alam di Jogjakarta tidak akan pernah ada habisnya. Karena Jogjakarta memiliki banyak obyek wisata yang membuat para wisatawan terhipnotis untuk mengunjungi tempat tersebut lagi, lagi, dan lagi. Saking banyaknya tempat wisata di Jogjakarta, pastilah belum semua obyek wisata yang ada di Jogjakarta dapat terjamah. Di setiap daerah baik di kota maupun kabupaten dalam provinsi DI Yogyakarta, memiliki tempat wisata sendiri-sendiri dengan keunikannya masing-masing. Salah satu wisata alam yang akan dibahas kali ini adalah wisata alam Curug Luweng Sampang. Di curug ini terdapat banyak batuan-batuan cadas yang menghiasi secara alami tempat ini. Batuan-batuan cadas yang berwarna putih akan terlihat kontras dengan warna birunya air di curug tersebut.

Garis-garis yang unik yang terukir di batuan cadas di Curug Luweng Sampang tersebut terukir secara alami karena erosi air sungai yang dapat mengikis secara alami. Batuan cadas yang terukir secara indahnya merupakan salah satu keunikan tempat wisata alam tersebut di hati para wisatawan dan pastinya menginginkan untuk kembali lagi.

curug luweng sampang

curug luweng sampang

Wisata alam Curug Luweng Sampang secara administratif terletak di desa Sampang, kecamatan Gedangsari, kabupaten Gunung Kidul. Secara bahasa, Luweng Sampang berasal dari bahasa Jawa dimana Luweng berarti lubang atau lobang, sedangkan Sampang merupakan nama desa dimana curug tersebut berada.

Air terjun yang ada memiliki tinggi sekitar 5 meter sehingga air yang jatuh tidaklah dapat melukai wisatawan yang berada dibawah air terjun tersebut. Banyak wisatawan yang datang berkunjung untuk bermain air dan berenang. Pemandangan indah dapat tersaji ketika  Anda berada di atas air terjun. Air terjun yang jatuh ke bawah tersebut memiliki keindahan tersendiri di mata para wisatawan. Pada musim hujan, air sungai datang dari segala penjuru dan air terjun akan terlihat begitu jelas. Akan tetapi di musim kemarau, debit air yang melalui sungai tersebut jauh menurun.

Konon, di lokasi air terjun ini terdapat petilasan oleh Sunan Kalijogo. Ada yang tidak kenal dengan Sunan Kalijogo? Sunan Kalijogo merupakan salah satu tokoh dari wali songo yang menyebarkan ajaran agama Islam di tanah Jawa. Salah satu laku spiritual beliau adalah bertapa di sungai dimana salah satu tempat yang digunakan dalam pertapaan beliau adalah sungai ini.

Rute ke Wisata Alam Terjun Luweng Sampang

Untuk mencapai lokasi tempat wisata alam terjun Luweng Sampang ini, Anda jalankan kendaraan Anda dari Jogja menuju Bukit Bintang hingga menemukan perempatan di timur GCD FM kemudian belok kiri. Jalan terus saja menuju Ngoro-oro hingga menemukan pertigaan Padukuhan Semilir kemudian belok kiri. Lanjutkan perjalanan hingga menemukan balai desa Terbah. Dari desa Terbah, Anda lanjutkan perjalanan sekitar 2,6 kilometer hingga nanti di sebelah kanan jalan terdapat termpat wisata air terjun Luweng.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi air terjun Luweng Sampang tapi masih bingung rute dan kendaraan yang akan Anda gunakan, tim rentalwisata.com akan siap membantu perjalanan wisata Anda dengan ramah dan profesional. Untuk memudahkan Anda dalam menghubungi kami, silahkan klik disini

6 replies
  1. 醫學美容 VENUS VIVA says:

    紅石榴保濕噴霧 重水保濕噴霧 清肌保濕噴霧 瑕疵遮瑕膏 修容霜 護眼修飾霜 眼部遮瑕修護筆 亮白蓋斑霜 香茅SPF30 香茅蚊怕水 古銅暗影粉2號 胭脂輪廓修飾 點綴立體修容 奇幻腮紅 亮麗持久胭脂膏 深層修護滋養潤唇霜 保濕護唇膏

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.