Tempat Wisata Pantai Watulawang Gunungkidul yang Unik

Tempat Wisata Pantai Watulawang Gunungkidul yang Unik

Tempat Wisata Pantai Watulawang Gunungkidul yang Unik – Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan kekayaan pantai yang indah. Deretan pantai di daerah Gunungkidul sebagian besar menyuguhkan keindahan hamparan pasir putih yang bersih. Salah satu pantai yang indah di daerah Gunungkidul yang akan dibahas kali ini adalah tempat wisata Pantai Watulawang Gunungkidul yang unik. Keindahan dari pantai ini adalah kombinasi antara hamparan pasir putih dengan batuan karangnya. Pantai ini diapit oleh pantai-pantai yang sudah terkenal lebih dulu diantaranya adalah pantai Indrayanti yang berada di sebelah barat dan pantai Pok Tunggal yang berada di sebelah timur.

Tempat Wisata Pantai Watulawang Gunungkidul yang Unik

Tempat Wisata Pantai Watulawang Gunungkidul yang Unik

Sejarah Nama Tempat Wisata Pantai Watulawang Gunungkidul

Kenapa disebut dengan pantai Watulawang? Mungkin banyak diantara Anda bertanya-tanya dengan nama pantai tersebut. pantai ini memiliki goa batu yang digunakan oleh masyarakat sekitar sebagai tempat upacara adat sadranan atau yang biasa disebut dengan nama nyadran. Pintu batu tersebut hanya dapat dibuka dan dimasuki pada saat upacara nyadran saja. mitos yang beredar bahwa goa batu tersebut merupakan petilasan dari Prabu Brawijaya. Dinamakan dengan pantai Watulawang karena terdapat batu yang berbentuk seperti pintu yang berada tepat di mulut goa.

Tempat wisata Pantai Watulawang Gunungkidul terbagi menjadi 2 bagian. Bagian pertama berada di sebelah barat goa dengan area pantai yang tidak terlalu luas. Bagian kedua berada di sebelah timur goa dengan area pantai yang cukup luas dan sering digunakan sebagai salah satu olahraga air.

Lokasi Tempat Wisata Pantai Watulawang Gunungkidul

Tempat wisata Pantai Watulawang Gunungkidul ini berada di kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul. Lokasinya pun tidak jauh dari pantai yang terkenal lebih awal yaitu pantai Indrayanti dan pantai Pok Tunggal. Jadi bagi Anda yang mengunjungi kedua pantai tersebut, rugi rasanya jika tidak mampir ke tempat wisata pantai Watulawang Gunungkidul. Atau bagi Anda yang bingung lokasi tempat wisata pantai Watulawang ini, Anda dapat melihat lokasinya disini.

Rute ke Tempat Wisata Pantai Watulawang Gunungkidul

Apakah Anda sudah pernah mengunjungi pantai Indrayanti atau pantai Pok Tunggal? Bagi Anda yang sudah pernah, pasti tidak akan kesulitan untuk sampai ke pantai yang unik ini. Bagi Anda yang belum mengunjungi kedua pantai tersebut, silahkan lanjutkan membacanya.

Jika dari kota Yogyakarta, Anda dapat menempuhnya sekitar 1 jam 45 menit dengan menggunakan motor. Untuk mencapai tempat wisata ini, terdapat sedikit hambatan karena jalan masuknya masih berupa tanah dan bebatuan kapur serta hanya dapat dilalui oleh satu mobil.

Untuk mencapai tempat wisata ini, terdapat 2 jalan alternatif, diantaranya :

Alternatif pertama : Dari Yogyakarta, Anda lakukan perjalanan melalui jalan Imogiri Barat lanjut ke Panggang kemudian dilanjut lagi melalui Saptosari dan dilanjut lagi melewati pantai Baron. Kemudian melewati Pantai Kukup, dilanjut lagi melewati Tepus dan pantai Krakal. Hingga akhirnya Anda akan sampai di pantai Watulawang Gunungkidul.

Alternatif kedua : Dari Yogyakarta lanjutkan perjalan hingga sampai di kota Wonosari. Ikuti petunjuk jalan arah ke pantai Indrayanti. Sesampainya di pantai Indrayanti, lanjutkan perjalanan hingga sampai pantai Watulawang Gunungkidul.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata pantai Watulawang Gunungkidul dan bingung rute maupun males untuk berkendara sendiri, tenang saja karena kami tim rental wisata siap membantu memudahkan perjalanan wisata Anda selama berada di Yogyakarta. Tentunya kami akan berikan layanan super ramah dan menyenangkan sehingga Anda akan puas dengan layanan kami. Untuk lebih jelas dan lengkapnya, silahkan hubungi tim kami disini.