pantai sundak gunungkidul

Pantai Sundak Gunungkidul Dengan Mitos yang Berkembang

Pantai Sundak Gunungkidul Dengan Mitos yang Berkembang – Deretan pantai yang indah berada di kabupaten Gunungkidul memiliki keindahan dan keeksotisan tersendiri. Banyak wisatawan yang mengatakan bahwa pantai-pantai yang ada di Gunungkidul ini mirip dengan pantai-pantai yang ada di Bali. Coba bayangkan, kalau pantai yang ada di Bali dipindah ke Yogyakarta. Pastilah Gunungkidul tempatnya. Deretan pantai pasir putih menjadikan pantai tersebut menjadi khas dan wajib Anda kunjungi. Salah satu pantai yang indah dan ternyata memiliki mitos yang mengikat tempat tersebut adalah pantai Sundak Gunungkidul.

pantai sundak gunungkidul

pantai sundak gunungkidul

Mitos Pantai Sundak Gunungkidul

Pantai Sundak Gunungkidul sebenarnya berada diantara pantai-pantai indah yang ada di kabupaten tersebut. diantaranya adalah pantai Kukup, pantai Krakal, pantai Baron, dan pantai Drini. Pantai ini konon memiliki mitos yang berkembang di masyarakat sekitar. Sebenarnya nama pantai Sundak dahulu bernama pantai Wedimbedah yang mengandung arti pasir yang terbelah. Hal ini dikarenakan pada musim penghujan, air dari daratan yang mengalir ke pantai membelah secara otomatis hingga menjadi sungai kecil.

Pada tahun 1976, pantai Wedimbedah berganti nama menjadi pantai Sundak. Kenapa kok ganti? Mungkin ini salah satu pertanyaan Anda terkait penggantian nama tersebut. menurut cerita yang beredar di masyarakat sekitar, pada waktu itu terjadi perkelahian antar hewan yang diantaranya adalah hewan anjing (asu = dalam bahasa Jawa) dan landak. Cerita ini berawal ketika anjing yang dimiliki oleh salah satu penduduk pantai Sundak ini sedang berlari kesana kemari untuk mencari makan di tepi pantai. Sampai akhirnya sang anjing menemukan seekor landak di dalam goa yang terbentuk dari belahan karang besar yang tidak jauh dari pantai Sundak. Selanjutnya, terjadi perkelahian antara anjing dan landak tersebut sampai akhirnya didapatilah pemenangnya. Sudah tau mana yang menang? Yang menang dalam perkelahian tersebut adalah anjing. Anjing yang menang pun memangsa landak yang telah mati tadi. Sang pemilik anjing bernama Arjasangku terheran-heran melihat anjingnya yang keluar dari dalam goa dengan membawa landak yang sudah tidak berdaya serta anjing tersebut basah kuyup. Ternyata di dalam goa terdapat sumber mata air yang dapat dimanfaatkan untuk umum.

Cerita diatas pun berkembang cukup pesat di kalangan masyarakat umum di wilayah tersebut. dan sejak saat itu, nama pantai Wedimbedah berubah nama menjadi pantai Sundak. Mitos tersebut ternyata memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata tersebut.

Pantai Sundak memiliki keindahan pemandangan dan suasana yang sejuk. Selain pantai yang menjadi pemandangan yang indah, tebing karang yang ada di sisi timur dan barat pun menjadi nilai tambah dari pantai ini. Tidak ada salah dan ruginya jika Anda yang berada di sekitar pantai Sundak Gunungkidul ini mampir sejenak untuk melihat keindahan alam yang ada di pantai Sundak.

Lokasi Pantai Sundak Gunungkidul

Pantai Sundak Gunungkidul memiliki keindahan yang  perlu Anda kunjungi. Pantai yang berada di dusun Pule Gundes, desa Sidoharjo,kecamatan Tepus, Gunungkidul ini merupakan pantai dengan beragam mitos yang melekat dengan nama pantainya. Bagi Anda yang bingung dengan lokasi pantai Sundak Gunungkidul, silahkan klik disini untuk memudahkan perjalanan Anda menuju tempat wisata tersebut.

Harga Tiket Masuk Pantai Sudak Gunungkidul

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke pantai Sundak Gunungkidul tidak perlu dalam-dalam dalam merogoh kocek dalam saku Anda. Karena harga tiket masuk pantai Sundak Gunungkidul ini menjadi satu paket dengan pantai lain disekitarnya, diantaranya adalah pantai Baron, pantai Kukup, pantai Krakal, pantai Sepanjang, pantai Drini, pantai Syawal Pulang, dan pantai Pok Tunggal. Harga tiket masuknya sebesar Rp 10.000 sudah dapat mengunjungi seluruh pantai wisata yang ada di atas. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata pantai Sundak Gunungkidul dan tidak mau repot dan ribet, silahkan hubungi tim rental wisata untuk mendapatkan perjalanan wisata yang asyik dan menyenangkan. Untuk lebih jelas mengenai paket wisata yang dimiliki oleh kami, silahkan hubungi tim kami disini.