pantai indrayanti

Pantai Indrayanti Gunungkidul Bukan Nama Sebenarnya

Pantai Indrayanti Gunungkidul Bukan Nama Sebenarnya – Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kabupaten ini memiliki tempat wisata yang banyak dan cantik-cantik. Setiap tempat wisata yang ada memiliki keindahan dan keunikannya tersendiri. Salah satu jenis wisata yang paling banyak dicari oleh para wisatawan adalah tempat wisata pantai. Deretan pantai yang ada di Gunungkidul dari ujung barat hingga ujung timur memiliki keindahan dan keunikannya masing-masing. Ada yang memiliki keindahan pasir putih khas pulau Bali, kemudian ada juga keindahan pantai dari atas bukit, dan masih banyak lagi. Salah satu pantai yang menarik untuk Anda kunjungi adalah pantai Indrayanti Gunungkidul.

Nama Sebenarnya Pantai Indrayanti Gunungkidul

Sebenarnya pantai Indrayanti Guungkdul bukan nama sebenarnya. Karena ternyata nama tersebut merupakan nama dari pemilik cafe dan restoran yang berada di pantai itu. Sedangkan untuk nama asli dari pantai tersebut adalah pantai Pulang Syawal atau biasa disingkat dengan pantai Pulsa. Mungkin bagi Anda nama pantai Pulsa termasuk asing di telinga Anda. Karena nama tersebut tidak sefamiliar nama pantai Indrayanti. Namun demikian, nama pantai tersebut tetaplah pantai Pulang Syawal atau mudahnya menyebut pantai Pulsa.

Pantai Indrayanti Gunungkidul Bukan Nama Sebenarnya

Pantai Indrayanti Gunungkidul Bukan Nama Sebenarnya

Dalam pengelolaan pantai ini, pemerintah setempat menggandeng swasta yang memiliki tujuan yang sama dalam mengembangkan kawasan wisata khususnya wisata pantai. Antara kedua belah pihak memiliki keinginan dan misi yang positif untuk mengedepankan pariwisata di Yogyakarta khususnya di pantai Indrayanti. Hasil dari perpaduan antara pemerintah dan swasta ternyata berdampak positif terhadap meningkatnya kunjungan para wisatawan. Setiap tahunnya selalu ada peningkatan kemajuan pariwisata di pantai Indrayanti Gunungkidul khususnya dan tempat wisata alam pada umumnya.

Di tempat wisata Pantai Indrayanti (Pulsa) Gunungkidul ini memiliki aturan khusus yang berlaku untuk seluruh wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini. Yaitu anjuran untuk membuang sampah pada tempatnya. Anjuran ini sebenarnya merupakan kewajiban oleh para wisatawan dalam mengunjungi semua tempat wisata tanpa terkecuali. Kebersihan tempat wisata khususnya pantai Indrayanti Gunungkidul akan membuat pantai tersebut terlihat bersih dan terawat. Di tempat ini terdapat denda yang diberlakukan untuk para wisatawan yang melanggar aturan (membuang sampah) tersebut. yaitu para wisatawan harus membayar denda sebesar Rp 10.000 kepada siapapun yang terbukti dengan jelas membuang sampah sembarangan di pantai Indrayanti Gunungkidul.

Untuk memberikan kenyamanan kepada para wisatawan dan memfasilitasi agar para wisatawan tidak terkena denda, pihak pengelola memberikan tulisan berupa himbauan yang dapat dibaca oleh para wisatawan dan juga telah ditempatkan beberapa tempat sampah yang berada di sekitar area pantai Indrayanti Gunungkidul. Oleh karena itu, tidak ada alasan lain ketika denda tersebut diterapkan kepada seluruh wisatawan yang mengunjungi tempat wisata pantai Indrayanti Gunungkidul.

Walaupun pantai ini masih tergolong pantai yang baru, tetapi fasilitas yang diberikan dan dapat dimanfaatkan oleh para wisatawan sudah tergolong lengkap. Di pantai Indrayanti Gunungkidul ini telah terdapat gazebo yang dapat digunakan untuk berlindung dari teriknya matahari sambil bercengkrama dengan keluarga maupun dengan teman-teman. Selain itu juga terdapat permainan jet sky yang dapat disewa oleh para wisatawan untuk bermain di pantai sambil memandang keindahan alam sekitar pantai Indrayanti Gunungkidul.

Setelah Anda lelah bermain di pantai Indrayanti Gunungkidul, Anda dapat menikmati makanan khas pinggir pantai sambil menikmati keindahan pantai. Atau jika tidak ramai, Anda dapat menggunakan gazebo sambil menyantap makanan dan minuman yang Anda beli sebelumnya atau beli di café atau restoran yang ada di pantai tersebut.

Di pantai Indrayanti Gunungkidul ini menyajikan hamparan pasir putih khas pantai Indrayanti yang terhampar sepanjang 250 meter. Cukup luas bukan? Bagi Anda yang ingin menyusuri pantai Indrayanti ini dari ujung barat hingga ujung timur, tidaklah perlu capek-capek karena daratan pantai ini cukup landai.

Lokasi Pantai Indrayanti Gunungkidul

Pantai Indrayanti Gunungkidul ini merupakan pantai yang indah yang berada di deretan pantai-pantai indah yang ada di kabupaten Gunungkidul. Pantai ini bersebelahan langsung dengan pantai cantik lainnya yaitu pantai Sundak. Lokasi Pantai Indrayanti Gunungkidul secara lengkap berada di desa Sidoharjo, kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul. Jika Anda berjalan dari kota Yogyakarta, pastilah Anda harus menempuh jarak sepanjang 70 kilometer dan dapat ditempuh dengan waktu selama 2 jam perjalanan dengan syarat tidak terjadi kemacetan. Bagi Anda yang kebingungan dimana letak pantai Indrayanti Gunungkidul, silahkan klik disini untuk melihat petanya.

Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti Gunungkidul

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke pantai yang eksotis ini, saat ini sudah keluar Perda terkait harga tiket masuk pantai Indrayanti Gunungkidul. Tapi sebentar, harga tiket masuk tersebut tidak hanya untuk pantai tersebut saja, dengan harga Rp 10.000 Anda sudah dapat memasuki 8 pantai yang saling bersebelahan diantaranya : pantai Baron, pantai Kukup, pantai Krakal, pantai Sundak, pantai Sepanjang, pantai Drini, pantai Indrayanti, dan pantai Pok Tunggal. Cukup murah bukan dengan biaya Rp 10.000 Anda dapat memanfaatkan 8 pantai sekaligus tanpa harus membayar retribusi lagi.

Demikianlah berbagai informasi terkait pantai Indrayanti Gunungkidul yang telah dihimpun oleh tim rental wisata. Untuk berkunjung ke pantai tersebut, Anda sudah lagi tidak perlu pusing-pusing, karena kami dari tim rental wisata siap membantu segala perjalanan wisata Anda selama di Yogyakarta baik menuju tempat wisata pantai Indrayanti maupun tempat wisata lainnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan hubungi tim kami disini.