titik nol kilometer di malam hari

Merasakan Denyut Jantung Kota Jogja di Nol Kilometer

Merasakan Denyut Jantung Kota Jogja di Nol Kilometer – Titik Nol Kilometer merupakan salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi untuk menghabiskan liburan di Jogja. Berada tepat di tengah kota Jogja, daerah ini selalu ramai lalu lalang manusia maupun kendaraan setiap harinya. Bisa di bilang tempat ini tidak ada waktu untuk tidur alias 24 jam pasti ada aktifitas di tempat ini. Oleh karena itu, nol kilometer biasa disebut jantungnya kota Jogja yang istimewa ini.

Titik Nol Kilometer akan membawa Anda ke Jogja tempo dulu. Kenapa? Karena kawasan ini masih banyak berdiri kokoh bangunan jaman dahulu yang terawat dimana bangunan-bangunan tersebut merupakan bangunan vital saat penjajahan. Di sekitar titik nol kilometer, terdapat beberapa bangunan sejarah yang masih terawat hingga saat ini, diantaranya Kantor Pos Besar, Bank BNI, Bank Indonesia, Istana Kepresidenan, dan Benteng Vredeburg.

Didalam kawasan Benteng Vredeburg terdapat monumen yang bernama Monumen Serangan Umum 1 Maret. Dimana monumen ini diabadikan untuk mengenang para pahlawan yang gugur dalam mengusir penjajah dari kota Jogja. Saat ini, monumen ini sering digunakan sebagai tempat untuk pagelaran seni dan budaya.

titik nol kilometer di malam hari

titik nol kilometer di malam hari

Istana Kepresidenan atau orang Jogja biasa menyebut Gedung Agung, dahulunya adalah kantor dan tempat tinggal Residen Belanda. Gedung Agung ini dahulu pernah jatuh ke tangan pemerintahan Jepang saat Jepang berhasil mengusir penjajah Belanda dari bumi pertiwi, sebelum akhirnya diambil alih oleh Indonesia dan dijadikan Istana Kepresidenan. Hingga saat ini, jika presiden Indonesia memiliki jadwal kunjungan kerja di Jogja, maka beliau sempatkan untuk tinggal di Gedung Agung.

Aktifitas yang Sering Dilakukan di Titik Nol Kilometer

  • Menonton Pawai atau Pentas Seni Budaya

Sebagai jantungnya kota Jogja, kawasan Titik Nol ini sering digunakan untuk pawai atau pentas seni di sepanjang Jalan Malioboro hingga Alun-alun Utara. Bahkan agenda pawai tersebut di tempat ini sudah menjadi agenda rutin tahunan. Dari pawai tingkat daerah hingga tingkat internasional pernah menjajal tempat ini. Rute karnaval biasa dilakukan berawal dari Taman Parkir Abu Bakar Ali – Jalan Malioboro – Titik Nol Kilometer – Alun-alun Utara.

  • Menikmati Musik Jalanan

Jogja tidak pernah habis akan lahirnya para seniman jalanan. Banyak sekali seniman jalanan yang mengais rejeki di daerah titik nol kilometer. Selain ingin menikmati indahnya kawasan titik nol kilometer, mereka (para pemain musik jalanan) juga mengais rejeki di tempat ini. Mereka ada yang membawa alat musik yang unik seperti terbuat dari pipa paralon, hingga dengan menggunakan alat musik modern pun berkumpul di tempat ini. Suara yang mereka lantunkan pun tidak kalah dengan musisi-musisi lainnya. Hanya saja yang membedakan mereka adalah tempat mereka mengais rejeki.

  • Tempat Berfoto-foto

Hampir semua sudut Titik Nol Jogja ini sudah dijamah oleh para wisatawan untuk berfoto ria. Apalagi para wisatawan muda yang kemana-mana selalu bawa kamera dan jepret-jepret. Mereka ingin mengabadikan momen-momen terindah saat berada di kota Jogja. Anda dapat memilih berbagai angle untuk mendapatkan gambar yang indah dengan latar yang indah juga. Bangunan kuno dari ujung barat sampai timur sangat cocok untuk diabadikan. Bagi Anda yang sering berkunjung ke tempat ini, bisa jadi Anda akan masuk TV. Kenapa? Karena titik nol kilometer biasa digunakan para production house untuk dijadikan salah satu spot dalam film yang mereka kerjakan.

Mari ajak teman-teman Anda untuk ikut merasakan denyut jantung kota Jogja di titik nol kilometer. Karena tempat ini tidak pernah berhenti hidup selama 24 jam. Bagi Anda yang ingin berwisata di Jogja dimana salah satunya adalah titik nol kilometer Jogja, Anda bisa hubungi rentalwisata.com disini.

4 replies
  1. Tulip Hifu 高強度聚焦超聲波療程 says:

    Ellanse洢蓮絲(依戀詩)是一款荷蘭與英國共同研發的的新型真皮填充劑,是由30的25-50微米(µm)的聚己內酯(polycaprolactone, PCL)完美微型正圓晶球,以及70的PBS-生物降解材料(carboxymethylcellulose, CMC)製成的凝膠體,這些成分都是通過FDA(美國食品藥品監督管理局)和歐洲CE認證的安全成分,在人體內水分和二氧化碳作用下可以完全被分解吸收和排出的安全物質,對人體不會產生過敏反應,因此治療前不需經過敏檢測,在使用上幾乎不產生副作用。

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.