goa sriti jogja

Goa Sriti, Saksi Bisu Persembunyian Pangeran Diponegoro

Goa Sriti, Saksi Bisu Persembunyian Pangeran Diponegoro – Goa ini merupakan salah satu goa yang ada di daerah Kulon Progo. Goa ini berada di dusun Dukuh, kelurahan Purwoharjo, kecamatan Samigaluh ini tidak memiliki keindahan apapun dibandingkan goa-goa lainnya. Akan tetapi, goa ini memiliki nilai sejarah dimana konon goa ini digunakan oleh Pangeran Diponegoro untuk bersembunyi dikala dikejar oleh tentara Belanda. Bagi Anda yang pernah membaca sejarah perjalanan Pangeran Diponegoro saat perang gerilya, pasti akan menemukan tempat dalam sejarah tersebut bernama goa Sriti.

Pada tahun 1825 hingga 1930, Pangeran Diponegoro pernah menjadikan tempat ini sebagai lokasi taktik gerilya ketika melawan penjajah Belanda. Selain itu, beliau menggunakan tempat ini sebagai tempat persembunyianya ketika terjadi pengejaran tersebut. Pada tahun tersebut, Pangeran Diponegoro mendapat amanat untuk memimpin pasukan dalam perlawanan terhadap penjajah yang dikenal dengan nama Perang Diponegoro.

Perpecahan perang ini, dimulai ketika pihak Belanda memasang pathok di tanah milik Diponegoro di daerah Tegalrejo secara sepihak tanpa sepengetahuan keluarga dan warga sekitar. Karena keegoisan dari negara penjajah dan Pengeran Diponegoro mendapatkan dukungan dari warga dan beberapa kerabat Keraton Yogyakarta, maka dibawah pimpinan beliau pertempuran pun pecah.

goa sriti jogja

goa sriti jogja

Seperti goa-goa lainnya, goa Sriti juga memiliki stalagtit dan stalagmit yang menghiasi goa Sriti. Bagi Anda yang ingin mengunjungi dan mengetahui sejarah dari goa Sriti, alangkah baiknya Anda menggunakan jasa pemandu atau juru kunci yang ada di tempat tersebut supaya Anda dapat mengetahui segala cerita yang pernah ada di dalam goa tersebut.

Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini biasanya adalah wisatawan yang mencintai sejarah dan penasaran terhadap sejarah-sejarah suatu bangunan atau lainnya. Sehingga peminat wisatawan yang datang mengunjungi tempat ini tergolong sedikit. Karena banyak wisatawan saat ini yang menyukai tempat wisata yang bagus untuk berfoto-foto saja.

Untuk sampai ke goa Sriti, Anda perlu menempuh jarak sekitar 30 kilometer dari kota Jogjakarta. Kira-kira waktu yang diperlukan adalah 1 jam 30 menit jika Anda menggunakan kendaraan roda dua. Rute yang ditempuh menuju goa tersebut cenderung mudah.

Rute ke Goa Sriti

Dari monumen Tugu Jogja, arahkan kendaraan Anda ke barat hingga sampai ke Kenteng, Nanggulan. Disana Anda perlu belok kanan kea rah Magelang hingga mencapai Dekso. Dari Dekso lanjutkan perjalanan Anda hingga menemukan Kalibawang kemudian belok kiri hingga sampai di Samigaluh. Ikutilah jalan aspal tersebut hingga menemukan patung Pangeran Diponegoro. Dari situ Anda akan menemukan goa Sriti.

3 replies
  1. 水光槍 美白祛斑 水潤亮肌 says:

    「 生蛇 」( 醫學名稱是 『帶狀疱疹』Shingles ) 是由水痘病毒引起的疾病。水痘癒合後,病毒在神經細胞潛伏多年,日後隨時重新激活後導致的帶狀皮疹,就是「 生蛇 」。因此,凡感染過水痘的人,都有機會「 生蛇 」。病發時,身體某一部位會感到內疼或劇痛,通常是臉或背部及腰部的一側;這時由於病毒從脊髓處沿其中華一條神經擴散到身體以及去到連接的皮膚表面,形成紅疹及小水疱。帶狀疱疹疫苗Zostavax康栢苗 (蛇針)能助減低「 生蛇 」的機會,有效預防: 「 生蛇 」( 帶狀疱疹 ) 成效高達 70% 「 生蛇 」的後遺神經痛:即使紅疹痊癒,神經痛還可以持續數月或數年。年紀越大,持續有後遺 神經痛風險越高 「 生蛇 」引起的急性及長期痛症 不適用人士: 曾對疫苗成分包括明膠( Gelatin ) 及紐奧黴 ( Neomycin ) 有過敏性休克反應的人士 有原發及繼發性免疫系統問題的病患者,或正服用抑鬱免疫系統藥物(如高劑量膽固醇)的病人 患有肺結核,正發病及未經治療人士 孕婦

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.