Dawet Sambel Makanan Unik Khas Kulonprogo

Dawet Sambel Makanan Unik Khas Kulonprogo

Suka dengan kuliner? Untuk kuliner yang satu ini perlu Anda coba. Dawet biasanya identik dengan minuman segar bercampur es. Namun di Kulon Progo, Yogyakarta dawet disulap menjadi makanan yang memiliki cita rasa unik, yakni pedas manis. Rasa pedas manis tersebut karena dicampur sambel dan diberi sedikit kuah manis seperti cuka dengan taburan toge dan bawang goreng di atasnya.

Untuk menemukan lokasi penjual dawet sambel, tentu Anda harus melakukan perjalanan terlebih dahulu ke arah barat kota Yogyakarta tepat nya menuju Gua Kiskendo atau mungkin saat ini obyek wisata yang cukup dikenal disana adalah Air Terjun Kedung Pedut atau Air Terjun Kembang Soka.

Menurut Wakijem sang pembuat dawet, keluarganya telah secara turun-temurun menjajakan dawet sambel, makanan khas Desa Beteng, Jatimulyo, Kulon Progo. Sementara bagi penikmatnya, dawet sambel ini memiliki cita rasa yang unik, yakni pedas manis sekaligus menyegarkan. Bagi Anda yang ingin mencobanya, umumnya dawet sambel ini dijual di pasar tradisional dan lokasi-lokasi wisata terdekat di Kulon Progo. Selamat mencoba!