tempat wisata puntuk setumbu

Bukit Punthuk Setumbu Borobudur Dengan Keeksotisan Pemandangan

Bukit Punthuk Setumbu Borobudur Dengan Keeksotisan Pemandangan – Sejenak kita membahas tempat wisata yang ada di luar Yogyakarta. Tidak terlalu jauh memang, letaknya berada di sebelah utara Daerah Istimewa Yogyakarta. Berada di daerah Borobudur, tempat wisata ini sangat cocok untuk menikmati sunrise. Apakah Anda tahu tempat ini? Ya, namanya adalah bukit Punthuk Setumbu Borobudur. Bukit ini memiliki keindahan tersendiri yaitu, pemandangan sekitar yang cukup mengesankan, selain Anda dapat melihat Candi Borobodur dari ketinggian. Sungguh eksotis bukan?

Ketika Anda mengunjungi tempat ini di pagi hari sebelum matahari terbit, Anda akan melihat megahnya Candi Borobudur yang dikepung oleh lautan kabut serta cahaya matahari yang sedikit demi sedikit memperlihatkan wajahnya seakan keeksotisan pemandangan tersebut tidak ada duanya. Hal inilah yang menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata Bukit Punthuk Setumbu Borobudur. Biasanya para wisatawan yang ingin berkunjung ke Candi Borobudur, juga mengunjungi tempat wisata ini. Kenapa? Karena letaknya yang tidak terlalu jauh menjadikan tempat ini menjadi destinasi tambahan ketika berkunjung ke Borobudur.

Bukit Punthuk Setumbu Borobudur Dengan Keeksotisan Pemandangan

Bukit Punthuk Setumbu Borobudur Dengan Keeksotisan Pemandangan

Tempat ini memang banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang suka berfoto-foto. Keindahan  pemandangan yang ditawarkan seolah menjadi magnet bagi mereka yang ingin mengunjungi tempat ini. Bukit ini berada di ketinggian sekitar 400 meter diatas permukaan laut yang merupakan satu gugusan dengan pegunungan Menoreh yang ada di Kulonprogo. Dahulunya tempat ini merupakan lahan pertanian penduduk sekitar, tetapi setelah ada wisatawan yang berfoto ditempat ini dan mengabadikannya di media sosial, akhirnya tempat ini menjadi salah satu rujukan tempat wisata yang ada di daerah Borobudur.

Bukit yang menawarkan kesejukan udara yang ada di tempat ini menjadi salah satu kenikmatan tersendiri bagi para wisatawan. Sangat disarankan untuk para wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini sebelu matahari terbit alias sekitar jam 5 pagi diharapkan para wisatawan untuk dapat datang kesini. Karena pada waktu itu, para wisatawan dapat menikmati pergantian antara malam dan siang sehingga detik demi detik sang mentari bersinar dapat Anda nikmati dengan penuh. Bagi Anda yang berkunjung ke tempat ini, dari tempat parkir Anda harus berjalan kaki sekitar 15 menit hingga mencapai puncak bukit Punthuk Setumbu Borobudur. Jalan yang akan Anda lalui adalah jalan tanah sehingga Anda harus mempersiapkan alas kaki yang cocok untuk medan tersebut. Bagi Anda yang tidak ingin mengikuti ke puncak bukit, Anda dapat menikmati keindahan alam sekitar dari gazebo yang terletak tidak jauh dari tempat parkir. Dari sinipun Anda dapat menikmati keindahan Candi Borobudur dari ketinggian.

Sesampainya di puncak Bukit Punthuk Setumbu Borobudur, Anda akan mendapati pelataran luas yang dikelilingi oleh pembatas yang berupa pagar. Pagar tersebut akan melindungi Anda ketika berada di puncak agar tidak terjatuh kedalam jurang yang cukup tinggi. Di puncak sini, juga terdapat gazebo, rumah panggung, dan kursi-kursi yang dapat Anda gunakan untuk melihat matahari terbit dengan nyaman. Walaupun perjalanan pendakian Anda hingga mencapai puncak cukup melelahkan, tetapi kelelahan tersebut akan terbayar lunas dengan adanya pemandangan yang akan Anda nikmati dan Anda rasakan kesejukan ketika berada disana.

Lokasi Bukit Punthuk Setumbu Borobudur

Bagi Anda yang berniat untuk berkunjung ke Candi Borobudur, sangat disarankan untuk mengunjungi tempat wisata Bukit Punthuk Setumbu Borobudur. Karena candi tersebut bukanya masih menjelang siang, dan bukit tersebut juga sudah dibuka sejak pagi-pagi buta, kedua tempat tersebut bisa dijadikan satu paket wisata khusus dalam acara wisata ke daerah Borobudur. Bukit Punthuk Setumbu Borobudur berada di dusun Kerahan, desa Karangrejo, Borobudur, Magelang. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke bukit tersebut cukup membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari Yogyakarta. Anda pun tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak, karena Anda cukup membayar Rp 15.000 per orang untuk dapat menikmati keindahan mentari pagi dari tempat ini.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata Bukit Punthuk Setumbu Borobudur, silahkan Anda klik disini untuk mendapatkan petunjuk arah melalui google maps. Bagi Anda yang tidak ingin ribet dengan perjalanan Anda, Anda cukup menghubungi tim rental wisata untuk mengakomodir perjalanan wisata Anda selama berada di Yogyakarta dan sekitarnya. Untuk mendapatkan harga khusus, silahkan Anda klik disini.