parangpucuk baron techno park

Baron Techno Park Gunungkidul dengan Keeksotisannya

Baron Techno Park Gunungkidul dengan Keeksotisannya – Kabupaten Gunungkidul memang merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta yang memiliki deretan pantai paling cantik. Dengan keindahan pasir putihnya menjadikan pantai-pantai di Gunungkidul memiliki keindahannya tersendiri. Salah satu pantai yang memiliki keeksotisan tersendiri dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan adalah pantai Baron Gunungkidul. Pantai ini memiliki tempat wisata baru yang bernama Baron Techno Park. Dimana di Baron Techno Park Gunungkidul ini merupakan tempat wisata edukasi yang dibangun oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui Balai Besar Teknologi Konservasi Energi (B2TKE).

Baron Techno Park Gunungkidul dengan Keeksotisannya

Baron Techno Park Gunungkidul dengan Keeksotisannya

Baron Techno Park Gunungkidul ini dibangun untuk digunakan sebagai sarana belajar oleh para siswa maupun mahasiswa ataupun masyarakat umum mengenai teknologi yang telah ada baik teknologi masa lampau maupun teknologi masa kini.  Baca juga : Tempat Wisata Jogja untuk Edukasi Anak

Lokasi Baron Techno Park Gunungkidul

Baron Techno Park Gunungkidul atau yang biasa disebut dengan BTP Gunungkidul ini berada di desa Planjan, kecamatan Saptosari, kabupaten Gunungkidul. BTP Gunungkidul ini dibangun diatas lahan seluas 9.5 hektar dan sebenarnya pembangunan tersebut belum selesai karena keinginan BPPT bahwa kawasan ini akan dibangun seluas 50 hektar. Grand design dari BTP Gunungkidul ini akan berdiri bangunan techno-camp dan resort-resort yang kerjasama dengan pihak ketiga.

Di tempat ini, Anda dapat melihat bagaimana memanfaatkan energi yang terbarukan dari sinar matahari dan angin yang dimanfaatkan sebagai penghasil listrik. Selain itu, terdapat juga proses desalinasi air laut yang dijadikan sebagai pasokan air bersih untuk warga sekitar dengan cara menjadikan air laut menjadi air tawar. Beberapa teknologi tersebut merupakan contoh sedikit dari teknologi yang dipamerkan di BTP Gunungkidul.

Baron Techno Park Gunungkidul memiliki misi untuk mendukung kebijakan energi nasional yang menargetkan pemanfaatan 23 persen EBT (Energi Baru Terbarukan) untuk kelistrikan pada tahun 2025. B2TKE dalam tahap awal untuk mencapai misi tersebut melakukan diseminasi dan pelatihan pemanfaatan teknologi kelistrikan berbasi Energi Baru Terbarukan di kawasan Baron Techno Park Gunungkidul. Sehingga kedepannya, masyarakat Gunungkidul khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya dapat memanfaatkan sumber daya yang belum terjamah seperti sinar matahari digunakan sebagai sarana penghasil listrik dan minimal dapat digunakan sebagai konsumsi pribadi.

Misi Dibangunnya Baron Techno Park Gunungkidul

Pembangunan sebuah bangunan pastilah tidak akan lepas dari manfaat yang akan dirasakan. Seperti halnya Baron bangunan ini yang memiliki keinginan atau misi dibagunnya Baron Techno Park Gunungkidul. Diantara misi tersebut adalah :

  • Sebagai tempat wisata edukasi
  • Sebagai pemicu pengembangan wilayah
  • Sebagai institut EBT (Energi Baru Terbarukan)

Fasilitas Baron Techno Park Gunungkidul

Saat ini bangunan yang telah dibangun dan bisa dikunjungi untuk umum diantaranya adalah :

  • PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya)
  • PLTB (Pembangkit Listrik Tenaga Bayu)
  • RO (Reverse Osmosis)
  • Techno-camp
  • Bio Fuel
  • Amphitheatre
  • Gedung Multimedia
  • Musholla
  • Toilet

Harga Tiket Masuk Baron Techno Park Gunungkidul

Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata edukasi ini tidak perlu ragu untuk merogoh kocek yang banyak. Karena tempat wisata ini tidak memasang harga tiket masuk Baron Techno Park Gunungkidul alias GRATIS. Anda dapat memanfaatkan tempat wisata edukasi ini dengan sepuasnya. Hanya saja Anda tetap perlu untuk menjaga kebersihan dan keberlangsungan tempat wisata ini supaya dapat dimanfaatkan oleh orang lain di lain waktu. Anda hanya akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Baca juga : Wisata Belajar di Jogja

Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata edukasi Baron Techno Park Gunungkidul, Anda dapat mengikuti petunjuk GPS dari peta disini. Jika Anda tidak ingin ribet dan ingin mengunjungi beberapa tempat wisata lainnya, tim rental wisata dengan senang hati membantu segala perjalanan wisata Anda selama di Yogyakarta. Perjalanan wisata Anda akan terasa mudah dan nyaman dengan bantuan kami. Untuk lebih jelasnya dan informasi harga, silahkan hubungi kami disini.

11 replies
  1. 水光槍 美白祛斑 水潤亮肌 says:

    來自瑞士的Teosyal®透明質酸,是由世界第三大以透明質酸為基礎的TEOXANE藥廠研發。Teosyal ®Redensity II® 是專門為眼部肌膚而設計的透明質酸。屬於半鏈結透明質酸的Redensity II® ,輕微吸濕力可減少水腫。 半鏈結透明質酸的柔軟度較高,於注射之後不會產主粒狀問題。可撫平中度皺紋,主要用於淚溝、額紋、手部填充、木偶紋、豐唇、耳珠、太陽穴、人中、面頰填充、虎紋

  2. oprolevorter says:

    Greetings! Quick question that’s totally off topic. Do you know how to make your site mobile friendly? My site looks weird when browsing from my iphone 4. I’m trying to find a theme or plugin that might be able to fix this issue. If you have any recommendations, please share. Many thanks!

Trackbacks & Pingbacks

  1. … [Trackback]

    […] Read More on on that Topic: rentalwisata.com/baron-techno-park-gunungkidul-dengan-keeksotisannya/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Read More on that Topic: rentalwisata.com/baron-techno-park-gunungkidul-dengan-keeksotisannya/ […]

  3. … [Trackback]

    […] Find More on that Topic: rentalwisata.com/baron-techno-park-gunungkidul-dengan-keeksotisannya/ […]

  4. http://www.blackhatlinks.com

    mcvconqtq kfwkx lslnqoo bbrs oiusvyljjevjfqr

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.